Sudah pernah mendengar raja ampat bukan ? raja ampat terletak di papua barat, sebuah kepuluan yang menjadi impian banyak orang, baik dalam maupun luar negeri. Tapi, tahukah anda sejarah tentang kota waisai ? jika belum berikut dibawah ini secara singkat kami jelaskan.

Pulau saonek adalah salah satu pulau yang terletak di waigeo selatan raja ampat. Sebelum pemekaran papua barat dan sebelum waisai resmi jadi ibu kota kabupaten raja ampat, di pulau inilah perdagangan dan keramaian pertama di raja ampat bermula, pulau saonek menjadi kota administrasi pertama di raja ampat.

Pulau saonek dihuni oleh kurang lebih seratus kepala keluarga, diantaranya ada suku asli papua, makasar, jawa dan maluku. Masyarakat yang tinggal di pulau ini terbilang cukup ramah dan baik hati. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam perihal lauk biasanya masyarakat saonek memancing ikan (ikan oci) di dermaga tepi pantai.

Sebelum pariwisata raja ampat terbuka seperti sekarang sebagian besar mata pencarian masyarakat di sini adalah nelayan. Setelah pariwisata raja ampat dibuka mereka beralih profesi menjadi pelaku wisata.

Ada yang menjadi pemandu wisata darat atau tour guide, ada yang menjadi pemandu wisata selam atau dive guide dan ada juga yang kerja di homestay atau resort bahkan ada yang membangun usaha sendiri seperti membangun homestay dan ada juga yang bergerak di bidang jasa penyewaan speed boat sebagai sarana transportasi untuk mengelilingi spot-spot wisata di raja ampat.

Pulau saonek memiliki sebuah masjid dan sebuah gereja karena sebagian masyarakat di pulau ini muslim dan sebagian lainnya kristen. Di pulau ini juga terdapat situs sejarah berupa makam keramat yang merupakan pembawa agama islam pertama di pulau tersebut. Di depan dermaga pulau saonek juga terdapat salah satu spot menyelam malam, kenapa menyelam malam? Karena spot tersebut adalah spot dive mikro.

Bagian dan yang ingin tinggal di pulau saonek tidak perlu khawatir tidak adanya akses listrik karena di pulau saonek sudah ada pembangkit listrik negara (PLN), sebagai informasi listrik di pulau ini mulai di nyalakan sekitar pukul 17.00  sampai dengan  pukul 14.00.

Dan bagi anda yang selalu aktif di media social, yang ingin update story whatsapp atau intagram, upload foto dan mungkin yang pekerjaannya membutuhkan internet tidak perlu khawatir karena di sini jaringan internetnya sudah 4G.

Pasir putih yang halus menambah indahnya pulau saonek yang merupakan salah satu daya tarik pulau ini. Oh ya… salah satu spot sunset terindah di raja ampat ada di pulau saonekloh, bayangin aja pas sore-sore anda bersama pasangan, teman atau keluarga duduk di tepi pantai pasir putih di temani kopi atau teh dan pisang goreng sambil menatap indahnya ciptaan Tuhan sunset raja ampat.

Kami adalah Tour Operator Lokal yang berbasis di Raja Ampat, tepatnya di Pulau Saonek. Nah jika anda ingin liburan asyik ke Raja Ampat silahkan hubungi kami Oasis Raja Ampat. Kami menyediakan paket tour Raja Ampat salah satunya paket tour 3 hari 2 malam. Salah satu itinerary yang ada dalam paket tour 3 hari 2 malam adalah mengelilingi kotaWaisai yang merupakan ibu kota raja ampat.