paket wisata raja ampatPaket Wisata Raja Ampat – Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang letaknya di bagian ujung barat laut dari kepala burung peninsula di provinsi Papua Barat yang saat ini sudah terkenal di dalam negeri hingga mancanegara. Raja Ampat sebenarnya merupakan suatu kepulauan yang memiliki 4 pulau utama, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta. Kepulauan di Raja Ampat ini memiliki panorama yang sangat eksotis dan mengagumkan. Disini juga merupakan surganya bagi para pecinta diving untuk menghabiskan liburan. Untuk bisa menjelajahi seluruh tempat-tempat terbaik di Raja ampat ini, para wisatawan dapat menghubungi travel agent yang melayani paket tour di Raja Ampat. Tentu saja, jasa layanan dari agent travel di Raja Ampat ini dapat mempermudah bagi para wisatawan dalam melakukan liburan di tempat ini.

Sebelum anda berangkat liburan ke Raja Ampat, ada baiknya bila anda mengenal dahulu keempat pulau utama yang ada di Raja Ampat beserta destinasi-destinasi terbaik yang dapat anda kunjungi disana dalam paket tour Raja Ampat. Penjelasan singkat untuk keempat pulau utama di Raja Ampat adalah sebagai berikut:

  1. Pulau Waigeo

Merupakan pulau terbesar dari empat pulau utama kepulauan Raja Ampat. Letaknya di provinsi Papua Barat dekat kota Sorong. Pulau ini memiliki gugusan pulau kecil lainnya. Di pulau Waigeo inilah letak kota Wasai yang merupakan Ibukota Kabupaten Raja Ampat yang berada di bagian barat pulau. Pulau Waigeo ini surganya untuk menyelam.

  1. Pulau Batanta

Di pulau inilah terdapat banyak desa dan penginapan yang bisa disewa untuk para wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat. Pulau ini memiliki luas sekitar 453 km2. Lingkungan pulaunya asri dan masih alami dengan hutan dan pasir putih yang halus.

  1. Pulau Salawati

Salah satu pulau di Raja Ampat yang tiga per empat wilayah pulaunya adalah hutan sagu yang lebat. Di pulau ini tumbuh beragam tumbuhan dan hewan-hewan. Kondisi pulaunya masih sunyi membuat banyak peneliti dari berbagai negara yang melakukan penelitian di pulau ini.

  1. Pulau Misool

Merupakan salah satu dari 4 pulau utama di Raja Ampat yang dijadikan tujuan untuk olahraga menyelam karena memiliki keindahan bawah alam lautnya yang sangat diagungkan oleh para penyelam. Pulau ini terletak di lepas pantai barat pulau utama Papua yang berbatasan langsung dengan Laut Seram.

 

Dengan mengikuti paket tour raja ampat 2018, anda bisa memilih paket wisata yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Mengingat bahwa biaya paket tour ke Raja Ampat lumayan besar, maka paket wisata yang dipilih juga bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh masing-masing wistawan. Wisatawan bisa memilih antara paket wisata Raja Ampat 5 hari 4 malam ataupun paket wisata Raja Ampat 2 hari 1 malam. Di dalam paketnya bisa disesuaikan destinasi-destinasi di Raja Ampat mana saja yang bisa dikunjungi. Pilihannya bisa dikonsultasikan dengan pihak agent travelnya.

Supaya anda dapat mengetahui tempat-tempat mana saja di Raja Ampat yang terkenal akan keindahannya, berikut ini kami sampaikan destinasi-destinasi wisata mana saja yang terbaik yang ada di Raja Ampat, yaitu:

  1. Kepulauan Wayag

Ini merupakan ikon kepulauan Raja Ampat yang paling terkenal. Letaknya pula yang paling terjauh dari Raja Ampat. Dibutuhkan waktu tempuh sekitar 4 – 6 jam tergantung kapal yang digunakan untuk menuju kesana dari pusat pemerintahan Raja Ampat di Waisai. Karena dibutuhkan konsumi bahan bakar yang lebih banyak, maka tak heran bila biaya paket wisata yang menyertakan ke pulau Wayag ini paling mahal. Di sekitar pulau Wayag ini juga terdapat banyak penginapan untuk digunakan para wisatawan dalam mengeksplore pulaunya. Untuk mendapatkan panorama yang paling indah di raja Ampat, wisatawan dapat mendaki Bukit Karst kurang lebih 1 jam. Namun, wisawatan perlu berhati-hati, sebab bukitnya cukup curam dan berbatu tajam seperti batu karang.

  1. Pianemo

Destinasi wisata ini mirip seperti kepulauan Wayag, namun bukit-bukit karangnya tidak sebesar dan tidak sejauh di Wayag. Untuk bisa melihat pemandangan yang luar biasa disana, para wisatawan bisa menuju ke puncak bukitnya yang sudah tersedia tangga kayu, sehingga lebih aman untuk didaki.

  1. Teluk Kabui

Teluk ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Waisai. Teluk ini dikelilingi oleh dua pulau besar dengan dihiasi bukit-bukit karang. Disini para wisatawan bisa mengunjungi beberapa spot foto andalan, seperti Batu Pensil. Wisatawan juga dapat melakukan aktivitas snorkeling, karena airnya tenang, bersih, dan memiliki karang yang indah.

  1. Pasir Timbul

Letaknya tidaklah jauh dari Waisai, Ibukota Raja Ampat. Destinasi ini dapat dikunjungi dengan paket wisata Raja Ampat dari Sorong, karena letaknya yang dekat dengan kota Sorong, pintu masuk untuk menuju kepulauan Raja Ampat. Meski, untuk sampai ke Pasir Timbul, wisatawan harus menyesuaikan waktu pasang surut air laut Raja Ampat. Pulaunya ini memiliki luas sekitar 150 meter persegi dengan hamparan pasir putih dan bersih. Wisatawan dapat berfoto dan menikmati pemandangan yang sangat cantik disini.

  1. Batu Pensil

Destinasi wisata ini letaknya di Teluk Kabui. dinamakan batu Pensil karena bentuk karangnya yang benar-benar mirip pensil, sangat unik. Diantara bukit-bukit karang, Batu Pensil menjulang kurus langsing berbentuk pensil. Di tempat ini terdapat dermaga yang dapat digunakan untuk berfoto.

  1. Friwen Wall

Ini merupakan destinasi di Raja Ampat yang terkenal untuk aktivitas snorkeling dan diving. Tepatnya, pada bagian tembok bawah laut atau palung lautnya. Biota bawah laut, karang-karang, dan ikan-ikan yang ada disini sangatlah indah. Letaknya dekat dengan Teluk Kabui dan Wasai. Untuk para wisatawan yang menggunakan paket tour ke Raja Ampat dari Sorong juga wajib untuk memasukan detinasi ini ke dalam list yang harus dikunjunginya.

  1. Desa Arborek

Merupakan salah satu desa wisata percontohan diantara 18 desa adat lainnya di kepulauan Raja Ampat. Desa ini memiliki keindahan alam dan adat budaya yang sudah sangat terkenal. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di desa ini, seperti melihat pembuatan kerajinan tangan penduduk lokal, bermain di pantai yang putih, maupun snorkeling dengan kerumunan ikan dan karang. Disini para wisatawan yang melakukan snorkeling atau diving bisa bertemu kerumunan ikan Pari Manta dari dekat.

  1. Desa Sawinggrai

Desa ini juga memiliki keindahan yang tak kalah dari Desa Arborek. dari dermaganya saja, para wisatawan sudah bisa melihat dan memberi makan gerombolah ikan besar dan warna warni. Di desa ini wisatawan bisa pergi ke bukit tempat pengamatan melihat Burung Cendrawasih yang merupakan simbol dari Provinsi Irian Jaya dari dekat. Namun, saat kesini sebaiknya jangan lupa untuk membawa lotion anti nyamuk, sebab di Papua nyamuknya sangat ganas-ganas.

  1. Desa Yenbuba

Disini juga merupakan destinasi keren lainnya di Raja Ampat yang bisa dijadikan tempat untuk snorkeling. Desa ini terletak di Pulau Mansuar, pulau diantara Waisai dan Pianemo.

 

Itulah destinasi-destinasi terbaik yang ada di Raja Ampat yang dapat anda jadikan pilihan untuk dikunjungi dalam rangkaian paket tour backpacker ke Raja Ampat. Siapkan budget yang anda miliki untuk memiliki liburan yang mengesankan di Raja Ampat. Bila seumpama budget yang dimiliki tak besar, anda dapat memilih harga paket tour Raja Ampat 2 hari 1 malam yang cukup terjangkau. Demikian yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.