Karang Raja Ampat hancur lagi ditabrak kapal KM Nusantara 62, kabar ini mengejutkan banyak pihak ditengah upaya menjaga alam raja ampat dan kejadian serupa telah beberapa kali terjadi di raja ampat meski dengan kapal yang berbeda. 

Kapal KM Nusantara tabrak karang raja ampat

Kapal KM Nusantara tabrak karang raja ampat / sindo news pic

Yang terakhir terjadi adalah LOB blue dragon yang menabrak karang didepan pulau saonek raja ampat, menyebab sejumlah karang rusah kemudian kapal tersebut ditahan oleh pemerindah desa saonek ( update ) terbarunya kapal tersebut kini sudah tenggelam di depan dermaga pulau saonek.

Kini kejadian kapal menabrak karang raja ampat kembali terjadi, KM Sabuk Nusantara 62 menabrak karang raja ampat tepatnya di wilayah perairan Meosmanggra dan perairan Pulau Gag, Kabupaten Raja Ampat , Papua Barat, pada Selasa 2 Februari dan Rabu 3 Februari 2021.

Dari informasi yang berhasil kami rangkum dari sejumlah sumber menyatakan bahwa kini kapal sudah berhasil keluar, dan akibat kejadian tersebut kini karang raja ampat di perairan Meosmangg hancur mengalai kerusahan.

Sementara itu ketika di konfirmasi oleh sindo news Kepala Syahbandar pelabuhan Waisai, Fiskar Aminuddin yang dikonfirmasi, membenarkan kejadian kandasnya KM Sabuk Nusantara 62 itu

“Ya memang betul telah terjadi insiden tersebut. Dari informasi yang kami terima, kejadian kapal kandas itu terjadi dua kali. Yang pertama pada tanggal 2 Februari 2021 sekitar pukul 11.00 WIT siang, dan pada pukul 12.30 WIT. Informasinya setelah air pasang, dibantu masyarakat setempat, Kapal berhasil keluar,” ujar Fiskar, Kamis, (4/2/2021).

Akibat kejadian itu maka hingga kini KM Nusantara 62 tidak ijinkan sementara untuk beroprasi kembali oleh KSOP Sorong hingga dilakukan penyelidikan tuntas atas kejadian tersebut.

Perlu di ketahui bahwa KM Nusantara 62 adalah kapal penumpang dengan rute lokal seperti kota Sorong, Pulau Paam, Meosmanggra, Waisilip, Pulau Gag, Kofiau dan kembali ke Sorong. Saat kejadian kapal memuat penumpang sebanyak 50 orang dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini..

 

— 

Ditabrak Kapal KM Nusantara 62 – Kejadian kapal menabrak karang raja ampat bukan kali pertama, selang 3 tahun ini sudah tercatat sejumlah kapal menabrak karang raja ampat di lokasi berbeda, kita beharap agar kejadian serupa tidak terjadi lagi dan alam raja ampat bisa terus terjaga..